UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GOMBONG

Gombong – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Gombong Tahun Akademik 2021/2022 merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun akademik baru. Kegiatan tahun ini dilaksanakan secara online mengingat masih dimasa pandemi covid-19. Kegiatan PKKMB dilaksanakan selama 4 hari dimulai hari Rabu – Sabtu, 15 – 18 September 2021

Ketua PKKMB Irmawan Andri Nugroho, M.Kep, menuturkan jumlah peserta PKKMB tahun ini 349 mahasiswa baru dari semua Program Studi. Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru dilakukan secara virtual penuh menggunakan zoom meeting, live youtube, learning manajemen sistem dan edu go (sistem untuk pembelajaran mahasiswa). Sistem ini digunakan dengan harapan, agar mahasiswa nantinya akan terbiasa dengan learning manajemen sistem untuk proses pembelajaran. Kami sampaikan terimakasih kepada Pimpinan Universitas Muhammadiyah Gombong atas dukungannya dan tidak lupa kepada segenap panitia PKKMB tahun 2021 atas kerja kerasnya sehingga acara ini dapat terselenggara dengan lancar. “Selamat mengikuti rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru, semoga memberikan maanfaat, Tutupnya”.

Dr.Hj.Herniyatun,M.Kep,Sp,Mat Rektor Universitas Muhammadiyah Gombong menyampaikan berbangga dan bersyukur diberikan amanah oleh orang tua untuk bisa membersamai mahasiswa untuk meraih sukses di kemudian hari, dengan jumlah 349 mahasiswa.

Visi Universitas Muhammadiyah Gombong menjadi Lembaga Pendidikan yang Unggul, Modern dan Islami. Unggul bermakna bahwa UNIMUGO melaksanakan catur dharma perguruan tinggi yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Al Islam Kemuhammadiyahan. Keunggulan – keunggalan UNIMUGO dibangun dari karya akademik yang dapat berkompetisi baik nasional maupun internasional. Modern bermakna bahwa UNIMUGO memiliki cita-cita yang program yang terarah dan update dimana Universitas dapat beraktual dalam era global. Islami bermakna dalam catur dharma perguruan tinggi seluruh Civitas mengaplikasikan nilai-nilai keislaman dan berakhlaqul karimah.

Selama hampir 2 tahun di era pandemi ini, kami mengelola pembelajaran dengan sistem blended learning, dengan mengkombinasi antara online dan ofline, kecuali pembelajaran laboratorium dan di tempat praktek. Meskipun di era pandemik, tuntutan mahasiswa harus kompeten kita tetap mengirim mahasiswa di tempat praktek, hal ini merupakan tutuntan masyarakat bahwa kita harus berkontribusi dalam penanganan covid-19.

Alhamdulillah Civitas Universitas Muhammadiyah Gombong diberikan kesehatan dan lindungan dari Allah SWT, sehingga kita tetap bisa memberikan pelayanan dan bertugas dengan sebaik-baiknya sesuai bidangnya masing-masing. Kami segenap pengelola sangat konsen terhadap pendampingan agar mahasiswa senantiasa terampil dalam beradaptasi dan menjaga kesehatan di suasana pandemik ini. Mahasiswa tentunya sudah berbeda dengan siswa, untuk itu silahkan untuk segera menyesuaikan agar dapat mengikuti proses pembelajaran. Kami akan mendampingi secara penuh kepada mahasiswa agar dapat berorientasi pada bakat dan minat masing-masing.

Hari pertama, Rabu 15 September 2021 Bupati Kebumen H.Arif Sugiyanto S.H., diwakili oleh Edi Rianto,S.T.,M.T Asissten I Sekda Kebumen memberikan materi dan meotivasi mahasiswa baru UNIMUGO mengenai “ Pembinaan Gerakan revolusi mental : Indonesia melayani, bersih, tertib, mandiri, dan bersatu. Kapolres Kebumen, AKBP Pitter Yanotama, memberikan materi tentang Cerdas bermedia sisial dan cegah radikalisme.

Hari kedua, Rabu 16 September 2021 diisi oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi  (LLDIKTI) Wilayah VI Prof.Dr.Ir.Muhammad Zainuri,DEA yang menyampaikan materi perguruan tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan kehidupan baru paska pandemik belajar di era 4.0 dengan new normal.

Narasumber Internasional dihadirkan “Stadium General”

Stadium General mendatangkan langsung dalam meeting zoom Prof. Datuk Dr. Hjh. Bibi Florina dari Lincolin University Collage of Malaysia yang merupakan alumni Doktoral di Universitas Indonesia mengisi  materi New Studdent Succes Strategy in Global Erra and Become Winner in Industrial Revolution 4.0 Era.

Jum’at, 17 September 2021 hari ketiga diisi kajian keislaman untuk memberikan nasihat kepada mahasiswa baru dengan mengundang Ustadzah Dr. Oki Setiana Dewi, S.Hum, M.Pd menyampaikan materi mengenai “Kader Millenial Kreatif, Inovatif, dan Berakhlaqul Karimah.

Hari keempat, Sabtu, 18 September 2021 kegiatan “Closing Ceremony” dengan menampilkan tarian UKM Seni, pengenalan nama karyawan masing-masing unit yang dikemas dalam video.